Persyaratan Pelayanan
1. |
Rencana Usaha, Dokumen rencana usaha, yang memuat:
1. |
rencana kegiatan usaha; |
2. |
rencana tahapan kegiatan; |
3. |
rencana teknologi yang digunakan; |
4. |
sarana usaha yang dimiliki; |
5. |
rencana pengadaan sarana usaha; |
6. |
rencana volume produksi setiap tahapan kegiatan; dan |
7. |
rencana pembiayaan. |
|
|
2. |
Dokumen Lainnya:
1. |
Sistem manajemen usaha standar proses produksi pembesaran ikan air tawar di sawah; |
2. |
Dokumen sistem manajemen usaha dan Standar Operasional Prosedur proses produksi pembesaran ikan air tawar di sawah; |
3. |
Menerapkan Kesehatan, Keselamatan kerja, dan Lingkungan (K3L). |
4. |
Surat pernyataan kesediaan melakukan penerapan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L). |
5. |
Memiliki sertifikat cara budidaya ikan yang baik, membutuhkan :sarana, struktur organisasi dan SDM, Pelayanan, Persyaratan proses, sistem manajemen usaha dan Dokumen surat pernyataan sanggup memenuhi Sertifikat cara budidaya ikan yang baik paling lambat 1 (satu) tahun |
|
|
3. |
Catatan:
1. |
Persyaratan ini berlaku untuk kegiatan dengan skala menengah dan besar |
2. |
Pelaku usaha diwajibkan memiliki sertifikat cara budidaya ikan yang baik paling lambat 1 (satu) tahun sejak melaksanakan usaha disesuaikan dengan siklus pembesaran komoditas yang diusahakan. |
3. |
Pelaku usaha wajib melaporkan kegiatan usaha setiap 6 (enam) bulan sekali secara tertulis kepada Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, dalam hal sistem aplikasi OSS RBA belum terdapat menu laporan kegiatan. |
4. |
Berlaku selama pelaku usaha menjalankan kegiatan usaha |
|
|
|
Sistem Mekanisme dan Prosedur
1. |
Pemohon masuk dalam laman OSS RBA (oss.go.id) kemudian klik tombol MASUK
|
|
2. |
Pemohon Masukkan username dan password beserta CAPTCHA, lalu klik tombol MASUK
Setelah Masuk pada menu beranda, pemohon klik menu Perizinan Berusaha dan pilih Pemenuhan Persyaratan
|
|
3. |
Pemohon memilih KBLI dan lokasi usaha yang akan dilakukan pemernuhan persyaratannya kemudian mengeklik proses pemenuhan sertifikat standar/izin.
Sistem akan menampilkan persyaratan yang harus di uploud oleh pemohon
|
|
4. |
Pemohon mengupload persyaratan Perizinan Berusaha pada sistem OSS
Klik Tombol Lanjut
Pemenuhan Persyaratan akan secara otomatis terkirim ke OPD Teknis
|
|
5. |
OPD Teknis menerima Pemenuhan persyaratan yang telah di upload oleh pemohon
|
|
6. |
Perangkat daerah teknis penyelenggara perizinan melakukan verifikasi dan validasi data permohonan perizinan serta melakukan kunjungan/survey lapangan, kemudian perangkat daerah teknis penyelenggara perizinan akan :
1. |
Dalam hal perangkat daerah penyelenggara perizinan menyetujui akan diterbitkan rekomendasi teknis/berita acara teknis persetujuan dan menguploadkan ke sistem OSS |
2. |
Dalam hal terdapat kekurangan berkas persyaratan perizinan perangkat daerah teknis menyampaikan informasi kekurangan berkas pada saat kunjungan/survey lapangan kepada pemohon dan mengembalikan permohonan pemenuhan persyaratan melalui sistem OSS |
3. |
Catatan: Perbaikan dokumen perizinan disampaikan melalui sistem/Lembaga OSS, dan kemudian akan diverifikasi dan validasi langsung oleh perangkat daerah teknis penyelenggara perizinan |
|
|
7. |
DPMPTSP/Kepala Bidang Perizinan menerima rekomendasi teknis/berita acara teknis dari perangkat daerah teknis penyelenggara perizinan dan membuat lampiran dari Sertifikat Standar/Izin
|
|
8. |
DPMPTSP/Kepala Bidang melakukan Persetujuan dan mengupload lampiran pada sistem OSS
|
|
9. |
Kepala DPMPTSP melakukan Persetujuan pada sistem OSS
|
|
10. |
Sistem OSS menerbitkan Sertifikat Standar/ Izin yang telah terverifikasi
|
|
|
Jangka Waktu Penyelesaian
|
Biaya/Tarif
1. |
Tidak dipungut biaya (gratis)
|
|
|
Produk Pelayanan
1. |
Sertifikat Standar yang terverifikasi
|
|
|
Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan
1. |
Secara langsung melalui help desk dengan nomor telpon (0281) 7775030 atau nomor WhatsApp 085292472536
|
|
2. |
Tertulis dalam bentuk surat yang ditujukan kepada Kepala DPMPTSP Kabupaten Banyumas
|
|
3. |
Melalui lapak aduan banyumas yaitu :
1. |
Nomor WhatsApp dan SMS melalui 08112626116 |
2. |
Instagram yaitu @Aduan Banyumas |
3. |
Facebook yaitu @ Aduan Banyumas |
4. |
Twitter yaitu @ Aduan Banyumas |
|
|
4. |
Melalui faximili (0281) 624521
|
|
5. |
Melalui email dengan alamat dpmpptsp.banyumaskab@gmail.com
|
|
6. |
Melalui website dpmptsp.banyumaskab.go.id atau mpp.banyumaskab.go.id
|
|
7. |
Melalui instagram dengan alamat dpmptsp_banyumas atau mpp_banyumas
|
|
8. |
Melalui facebook dengan alamat Mal Pelayanan Publik Banyumas
|
|
9. |
Melalui Twitter dengan alamat @MppBanyumas
|
|
|
Dasar Hukum
1. |
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
|
|
2. |
Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaran Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
|
|
3. |
Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kelautan dan Perikanan
|
|
4. |
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan
|
|
5. |
Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 3 Tahun 2021 tentang Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Terintegrasi Secara Elektronik
|
|
6. |
Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pelayanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Fasilitas Penanaman Modal
|
|
7. |
Peraturan Bupati Banyumas Nomor 37 Tahun 2021 tentang Pelimpahan Kewenangan Penyelanggaraan Perizinan dan Non Perizinan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banyumas
|
|
|
Sarana, Prasarana/Fasilitas
1. |
Ruang tunggu yang representatif dengan dilengkapi AC, kursi tunggu disabilitas, pojok baca, ruang laktasi, ruang nursery, ruang bermain anak, toilet biasa dan disabilitas, free charger hand phone, televisi.
|
|
2. |
Ruang Rapat
|
|
3. |
Almari Dokumen
|
|
4. |
Komputer
|
|
5. |
Printer
|
|
6. |
Telepon
|
|
7. |
Faximile
|
|
8. |
Scanner
|
|
9. |
Alat Tulis Kantor
|
|
10. |
Jaringan Internet
|
|
11. |
Area parkir
|
|
12. |
Mushola
|
|
13. |
Kantin
|
|
|
Kompetensi Pelaksana
1. |
Berpenampilan menarik (senyum, salam, sapa, sopan dan santun);
|
|
2. |
Menguasai Standar Operasional Prosedur;
|
|
3. |
Memiliki pengetahuan tentang perundang-undangan terkait standar pelayanan minimun dan informasi publik;
|
|
4. |
Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan baik;
|
|
5. |
Mampu berkoordinasi dengan efektif dan efisien;
|
|
6. |
Memiliki kemampuan kerjasama tim;
|
|
7. |
Mampu mengoperasikan komputer;
|
|
8. |
Mampu dan memahami penggunaan aplikasi OSS dan aplikasi lainnya.
|
|
|
Pengawasan Internal
1. |
Kepala Dinas melakukan pengawasan secara periodik melalui rapat evaluasi dan rapat sewaktu-waktu dalam keadaan yang dianggap penting;
|
|
2. |
Kepala Dinas melakukan pengawasan secara langsung melalui CCTV maupun aplikasi yang dapat dipantau secara langsung di ruang kerja Kepala Dinas;
|
|
3. |
Kepala Bidang melakukan verifikasi dokumen perizinan dan atau melalui rapat tim teknis serta melaporkan kepada Kepala Dinas
|
|
|
Jumlah Pelaksana
|
Jaminan Pelayanan
1. |
Pelayanan dilaksanakan oleh petugas pelayanan sesuai dengan kompetensinya
|
|
2. |
Petugas pelayanan melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan dan standar operasional prosedur
|
|
3. |
Dilayani oleh petugas yang memiliki sikap ramah, teliti, cekatan/responsif, komunikatif, sopan dan santun
|
|
|
Jaminan Pelaksana dan Keselamatan Pelayanan
1. |
Produk layanan dijamin dengan menggunakan tanda tangan elektronik yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara.
|
|
2. |
Keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan sangat diutamakan bebas dari praktek percaloan, pungutan liar dan suap.
|
|
|
Evaluasi Kinerja Pelayanan
1. |
Evaluasi kinerja dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat secara online yang dilakukan setiap hari, kemudian disusun laporan hasil survei kepuasan masyarakat setiap satu bulan sekali.
|
|
2. |
Evaluasi dilakukan melalui rapat evaluasi yang dilaksanakan secara periodik
|
|
3. |
Evaluasi dilaksanakan melalui pengawasan dari atasan langsung terkait kinerja dan kedisiplinan
|
|
|